Minggu, 30 November 2008

Tugas

Usaha-Usaha (Saya) Untuk Meningkatkan PBM Matematika menuju Kualitas ke Dua (antara Teori dan Pengalaman)

(oleh: La Ode Absari Alam U.B, Peserta Sertifikasi Jalur Pendidikan angkatan ke 2 UNY 2008)

Matematika masih merupakan mata pelajaran yang menakutkan untuk sebagian besar siswa baik di tingkat SD, SMP, dan SMA. Oleh sebab itu kita sebagai guru Matematika harus senantiasa mencari dan mengembangkan tehnik-tehnik pembelajaran yang dapat memberikan rasa senang kepada siswa pada saat belajar Matematika sehingga sedikit demi sedikit penilaian siswa tentang sulitnya belajar matematika akan dapat dieliminir.

Hal-hal yang dapat kita lakukan untuk merangsang siswa agar senang belajar matematika salah satunya adalah memberikan soal latihan step by step sesuai dengan tingkat kesulitannya dimulai dari soal yang mudah, sedang dan sulit.

Sebagai Guru Matematika kita juga harus mengembangkan kemampuan kita dalam menyampaikan materi kepada siswa karena salah satu penilaian siswa tentang sulitnya Matematika karena siswa tidak dapat menalar materi yang disampaikan oleh guru dalam proses belajar mengajar.

Sebagai guru Matematika hendaknya mengembangkan LKS,RPP bukan hanya sekedar pelengkap administrasi saja yang mungkin sewaktu-waktu dipriksa oleh pengawas mata pelajaran tetapi hendaknya RPP yang dibuat adalah RPP yang benar-benar merefleksikan kegiatan belajar matematika yang Inovatif.

Usaha-usaha kita sebagai guru Matematika untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika dapat dilakukan dengan cara:

1. Mengikuti Forum ilmiah yang berhubungan dengan pembelajaran matematika Inovatif.

2. Mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh MGMP baik tingkat Propinsi, Kabupaten/kota, ataupun sekolah.

3. Bertukar pikiran bersama para ahli melalui email dll.

4. Tdak takut untuk melakukan penelitian tentang pembelajaran Matematika yang Inovatif.

Tidak ada komentar: