Rabu, 14 Januari 2009

ELEGI SEORANG GURU MATEMATIKA

Matematika merupakan mata pelajaran yang mempunyai kontribusi yang sangat besar pada mata pelajaran yang lain. Sebagai guru matematika sudah seharusnya dapat mengembangkan semua aspek-aspek pembelajaran matematika dengan melihat berbagai inovasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Inovasi dalam pendidikan matematika sangat diperlukan dalam usaha meningkatkan siswa untuk belajar matematika sehingga mereka tidak akan takut lagi dengan mata pelajaran yang sampai saat ini masih menjadi mata pelajaran yang dianggap oleh sebagian besar orang tua siswa dan siswa itu sendiri sebagai mata pelajaran yang sulit dan menakutkan.

Sebagai guru matematika harus kreatif dalam mengembangkan materi-materi matematika dalam penyampaiannya ataupun penyajiannya sehingga akan menarik perhatian siswa untuk belajar matematika dengan menyenangkan, dan lambat laun image tentang matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan menakutkan akan hilang dari benak siswa dan siswa bisa enjoy dalam belajar matematika. Sebagai guru matematika harus senantiasa berusaha untuk meningkatkan kemampuannya baik dalam ilmu yang sedang digeluti ataupun dalam hal pengembangan tehnik penyampaian materi yang sangat menyenangkan bagi siswa melalui MGMP yang diselenggarakan oleh sekolah ataupun Dinas Pendidikan di setiap sekolah atau juga mengikuti berbagai seminar yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi ataupun instansi terkait.

Dengan usaha guru untuk mengembangkan kemampuan akademiknya dan kemampuan pedagogiknya diharapkan guru akan mendapatkan pengetahuan yang mengarah pada pencapaian kualitas ke dua yang mana pada kualitas ke dua ini semua yang dilakukan bener-bener merupakan pemikiran yang dapat memberikan manfaat pada setiap orang yang ada disekitarnya.

1 komentar:

Mulyati mengatakan...

Sukses ya pak atas tulisannya. Semoga kita bisa menggapai batas yang jauh tersebut. Asal ada usaha dan kemauan insyaallah pasti kita bisa. Amin.