Minggu, 04 Januari 2009

Selayang Pandang Perkuliahan Perencanaan Pembelajan Matematika

Keberhasilan pembelajaran di kelas sangat ditentukan oleh kesiapan guru dalam menyiapkan perangkat pembelajaran. Salah satu perangkat pembelajaran yang harus disiapkan dalam proses KBM adalah RPP. Sudah seharusnya kita sebagai guru harus dapat membuat RPP yang bukan hanya menjadi tuntutan dari atasan ( Kepala Sekolah / Pengawas ) tetapi sudah seharusnya kita membuat RPP yang mencerminkan kegiatan belajar mengajar yang Inovatif.
Setelah mengikuti perkuliahan ini ada beberapa hal baru yang dapat saya sampaikan yaitu:
1. RPP yang dibuat harus mencerminkan suasana belajar yang Inovatif.
2. Kita harus senantiasa mengembangkan perangkat pembelajaran, bukan meminta bagaimana perangkat pembelajaran yang benar-benar sempurna.
3. Harus membagi informasi kepada rekan-rekan yang belum memperoleh informasi tentang pembelajaran yang Inovatif.
4. Tidak pernah berputus asa dalam usaha mengembangkan perangkat pembelajaran.
5. Senantiasa menggali potensi diri dalam rangka mengembangkan perangkat pembelajaran yang Inovatif.
Akhirnya saya ucapkan syukur Alhadulillah kepada Allah S.W.T yang telah memberikan kesempata kepada saya untuk mengikuti sertifikasi jalur pendidikan di UNY Yogyakarta sehingga saya bisa bertemu dengan para pakar pendidikan matematika seperti DR. Marsigit M.A. yang banyak memberikan masukan tentang pengembangan perangkat pembelajaran yang Inovatif. Semoga kita bisa membawa pengalaman ini ke daerah masing-masing dan menginformasikannya kepada rekan-rekan kita di sekolah. Amin...

1 komentar:

Marsigit mengatakan...

Blog telah membuktikan bahwa orang lain bisa memperoleh manfaat dari ide Bapak Laode tanpa dibatasi ruang dan waktu. Silahkan diteruskan (Dosen: Dr. Marsigit)